jump to navigation

Terimakasih ya Allah untuk Telkomnya Desember 30, 2010

Posted by aldi in pribadiku.
Tags: , , , , , ,
trackback

Assalamu`alaykum saudaraku.

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. (Q.S. Ibrahim[14]: 7)

Judul diatas aku rasa belum cukup mencurahkan apa yang sesungguhnya aku rasakan saat ini. Bagaimana tidak, tepat di tanggal 29 Desember 2010, aku mendapatkan email dari HR PT. Telkom, Anda Dinyatakan Lolos… yang lolos tahun ini cuma 20 orang. Allahuakbar Alhamdulillah,,,Awalnya sempat pesimis coz aku pernah gagal test kesehatan di PT. Telkomsel sebelumnya.

Emang benar, saat ini ak sudah menjadi karyawan PT. Elnusa Tbk, akan tetapi posisiku di perusahaan ini tidak ada sangkut pautnya dengan background pendidikanku selama menimba ilmu di Institut Teknologi Telkom. Aku ditempatkan sebagai Field Engineer yang ditugasi menjadi pengawas proyek pemasangan pipa minyak 8″ di Sumbagteng (Palembang-Jambi). Tapi sejujurnya aku juga mencintai kerjaanku ini, dari perusahaan ini aku banyak belajar tentang proyek, komunikasi, dll,,, Aku akan merindukan semua orang-orang yang pernah terlibat denganku di perusahaan ini.

Semoga Allah menjadikan perusahaan ini menjadi lebih baik lagi.

Allah lah yang memiliki rencana untuk hambanya,

apa yang terjadi saat ini adalah modal untuk hari esok

aldi wilman

kita kembali ke topik permasalahan yaitu rekruitasi test PT. Telkom Tbk.

Aku coba beberkan pengalamanku mengikuti test perusahaan yang aku idamkan ini, dan semoga ini bermanfaat untuk anda semua.

Tahapan Seleksi test penerimaan karyawan baru PT. Telkom ada 2 tahapan, berikut uraiannya

1. Test Tahap Pertama Seleksi Karyawan PT. Telkom

Pada tahap ini waktu test selama 2 hari, Hari pertama test psikotest dan test toefl, untuk hari kedua test FGD.

Test hari pertama, psikotesnya lumayan banyak tapi standard lah jikalau kamu sering ikut test masuk perusahaan mulai dari gambar dibolak-balik, deret angka, ngafalin kata, trus pauli, trus gambar pohon, dan gambar ke delapan jenis itu. Saranku untuk test ini coba anda searching di google “tips lulus test psikotest” insyaAllah membantu banget. Trus, untuk test TOEFL, aku no comment coz aku sendiri tidak terlalu mahir untuk test ini, soalnya sulit-sulit betul, saranku mulailah belajar grammar toefl sebelum test minimal 1 minggu sebelum, Makanya pas ngelihat email kalau saya lulus tahap I ini cukup terkejut juga coz aku pesimis dengan test TOEFL ini (inilah berkah Allah).

Trus, test hari keduanya adalah FGD, nah di test ini nanti kamu akan dikasih studi kasus tentang kinerja seseorang yang menurun, trus gimana naikin semangatnya,, tema bisa berubah2 lho,,, saranku untuk test ini jangan mendominasi dan menjatuhkan teman, kalau aku dulu, saat teman memberi saran/ide, aku langsung mengatakan “SARAN ANDA BAGUS SEKALI” (sambil memberikan jempol ke arahnya). Kalau anda tipe orang yang terbuka dan berani, InsyaAllah mudah menghadapinya

Ya itulah test tahap pertama, sepertinya nilainya digabungin antara test hari pertama dan kedua. Jadi jangan pesimis jikalau merasa kurang yakin dengan satu test saja,, Oke,,, Intinya Kita dah berusaha dan berdo’a, maka bertawakallah..

2. Test Tahap Kedua Seleksi Karyawan PT. Telkom

Pada test tahap kedua ini sama dengan tahap pertama diadakan selama 2 hari juga, yaitu test Wawancara dan test Kesehatan.

Pada hari pertama, aku menjalani test tertulis dan wawancara, Test tertulisnya berkaitan tentang bidang studi kita, kalau aku dulu tentang IP TV, Alhamdulillah aku cukup mengerti networknya yang menggunakan teknologi DSL Digital Subscriber Line. trus, setelah menunggu beberapa lama, maka dipanggillah namaku “ALDI GANTENG” ehh salah “ALDI WILMAN”,, dan aku menjawab, “saya buk, siap” hehehe… Saat didalam Alhamdulillah tidak ada sedikitpun grogi, coz pas mahasiswa kan sering wawancarain orang, hehe… saat itu pertanyaannya banyak sekali baik itu dari Pewawancara 1 (sepertinya HR PT. Telkom) dan Pewawancara 2 (User dari PT. Telkom).  Tapi Alhamdulillah aku melaluinya dengan lancar dan sukses, karena jujur aku suka sekali wawancara gini, dah kayak artis-artis gitu,,hehehe,, Nah, saranku di test wawancara ini intinya jangan tegang,bohong,dan senjata pamungkasku “SENYUM yang MENAWAN” hehehe… Mulai dari sekarang ayo senyum kawan,,,, kan ibadah,,

Nah, ini test hari keduanya, Jujur ak deg2an banget test ini coz trauma ma test Telkomsel yang gagal di test kesehatan yang notabene test terakhir. Testnya standard lah, mulai dari ambil darah 2x,urine,fisik,mata, telinga, dan jantung, serta perlu diingat TIDAK ADA TEST YANG MENGHARUSKAN MEMBUKA HAL2 INTIM coz banyak yang bilang kalau test Telkom tes kesehatannya ada yang begitu. Nah, saranku sekali lagi searching di google “tips lolos test kesehatan” trus diikutin yah,,,

 

Bagi siapa saja yang mau test PT. Telkom semoga tulisan ini berguna untuk kamu, InsyaAllah.

 

Saran saya yang terakhir, perbanyaklah ibadah dan jauhilah maksiat, dan coba amalin sholat Hajat, berikut aku beri beberapa hadist tentang sholat hajat.

“Barangsiapa yang memunyai kebutuhan (hajat) kepada Allah atau salah seorang manusia dari anak-cucu adam, maka wudhulah dengan sebaik-baik wudhu. Kemudian shalat dua rakaat (shalat hajat), lalu memuji kepada Allah, mengucapkan salawat kepada Nabi saw Setelah itu, mengucapkan “Laa illah illallohul haliimul kariimu, subhaana…. (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Diriwayatkan dari Abu Sirah an-Nakh’iy, dia berkata, “Seorang laki-laki menempuh perjalanan dari Yaman. Di tengah perjalan keledainya mati, lalu dia mengambil wudhu kemudian shalat dua rakaat (shalat hajat), setelah itu berdoa. Dia mengucapkan, “Ya Allah, sesungguhnya saya datang dari negeri yang sangat jauh guna berjuang di jalan-Mu dan mencari ridha-Mu. Saya bersaksi bahwasanya Engkau menghidupkan makhluk yang mati dan membangkitkan manusia dari kuburnya, janganlah Engkau jadikan saya berhutang budi terhadap seseorang pada hari ini. Pada hari ini saya memohon kepada Engkau supaya membangkitkan keledaiku yang telah mati ini.” Maka, keledai itu bangun seketika, lalu mengibaskan kedua telinganya.” (HR Baihaqi; ia mengatakan, sanad cerita ini shahih)

“Ada seorang yang buta matanya menemui Nabi saw, lalu ia mengatakan, “Sesungguhnya saya mendapatkan musibah pada mata saya, maka berdoalah kepada Allah (untuk) kesembuhanku.” Maka Nabi saw bersabda, “Pergilah, lalu berwudhu, kemudian shalatlah dua rakaat (shalat hajat). Setelah itu, berdoalah….” Dalam waktu yang singkat, laki-laki itu terlihat kembali seperti ia tidak pernah buta matanya.” Kemudian Rasulullah saw bersabda, “Jika kamu memiliki kebutuhan (hajat), maka lakukanlah seperti itu (shalat hajat).” (HR Tirmidzi)

Akhirnya, Aku ucapkan Alhamdulillah dan aku berdo’a semoga Allah memberikan yang terbaik untuk kamu.

Barang siapa yang mendoakan saudaranya pada saat ia tidak bersamanya, maka malaikat yang diserahi untuk menjaga dan mengawasinya berkata, “Semoga Allah mengabulkan; dan bagimu semoga mendapat yang sepadan.” (HR. Muslim).

 

“Jangan Coba Bermain Cinta jika Setetes Emosi Keburukan Masih Menetes di Hatimu”

Aldi Wilman

Sang Pujangga Cinta yang menanti ballpointnya (bc: pasangan)

untuk menggoreskan kisah cinta yang indah di dunia dan akhirat kelak

Komentar»

1. umar ramu - Januari 8, 2011

assalamu’alaykum .. Ka, anak 2009 nih .. lumayan infonya, semoga bermanfaat untuk anak angkatan dibawah kaka yang berkeinginan untuk masuk PT.Telkom ..

yup, semoga alloh me-ridhoi apa yang kita kerjakan .. amiin ..

keep posting Ka 🙂

aldi - Februari 5, 2011

syukron utk commentnya,
sok atuh kalau mau ngelink

2. umarramu - Januari 8, 2011

numpang nge-link ya bang .. 🙂

3. Ibnu Syukur - Januari 12, 2011

Alhamdulillah…. 😀

4. umarramu - Januari 17, 2011

oiya bang…waktu itu ane pernah kirim komen buat nge-link postingan abang yang ini .. tapi kok ilang yah .. yaudah , mohon maaf ni bang , udah keburu ke link di log ane.. minta izin ya bang, buat share pengalamannya … 🙂

5. ramapermana - Januari 30, 2011

^_^

aldi - Februari 5, 2011

ngapain ente ma

6. nana - April 21, 2011

wah membantu bgt nih..boleh tanya,kira2 proses seleksi berap alama ya..thx

aldi - April 21, 2011

Prosesnya 1 bulan,, coz aku test tanggal 29 November pengumuman 29 Desember..
Mulai masuk tanggal 16 Januari

7. PT. Telekomunikasi Indonesia , Tbk | Hidup Ini Indah, Maka Tertawalah - April 26, 2011

[…] PT. Telekomunikasi Indonesia , Tbk Posted on January 8, 2011 by doupafia Banyak loh ternyata orang yang mau kerja di salah satu perusahaan pertelekomunikasian ini. Nanti setelah penjelasan singkat mengenai PT.Telkom saya akan kasih link kisah teman saya (baca : abang kelas saya) yang kuliah di Institut Teknologi Telkom atau dulu dikenal dengan Sekolah Tinggi Teknologi Telkom. Mengisahkan bagaimana dia lulus seleksi masuk PT.Telkom. Jadi, bagi yang berkeinginan untuk bekerja disitu, bisa di coba tips-tips dari temen saya ini… >>> PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (Telkom Indonesia atau Telkom saja) adalah perusahaan informasi dan komunikasi serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap di indonesia. Telkom mengklaim sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, dengan jumlah pelanggan telepon tetap sebanyak 15 juta dan pelanggan telepon seluler sebanyak 50 juta. Telkom merupakan salah satu BUMN yang sahamnya saat ini dimiliki oleh Pemerintah Indonesia (51,19%) dan oleh publik sebesar 48,81%. Sebagian besar kepemilikan saham publik (45,58%) dimiliki oleh investor asing, dan sisanya (3,23%) oleh investor dalam negeri. Telkom juga menjadi pemegang saham mayoritas di 9 anak perusahaan, termasuk PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel). (sumber : wikipedia , tahun 2010)  >>> Berikut pengalaman abang kelas saya >>> Link-nya aja yah : https://aldion8.wordpress.com/2010/12/30/terimakasih-ya-allah-untuk-telkomnya […]

8. Yustina - Mei 16, 2011

Terimakasih atas infonya, sangat membantu sekalil bagi saya yang akan mengikuti proses seleksi rekruitment PT Telkom. dan semoga bisa mengikuti jejak anda
aminn.. ^^

9. gisa - Mei 26, 2011

Trmksh u postingan nya,jd ada sdkt gmbran..saya lg proses ni,mhn doany supaya brjodoh dsni n bs dpt d bndung 🙂

10. aldi - Mei 31, 2011

@Yustina
Ya sama, smga Cepat bergabung

@Gisa
Ya sama2, Amin ya Rabb, smga cepat bergabung


Tinggalkan Balasan

