jump to navigation

Indahnya Menikmati Sakit Oktober 8, 2009

Posted by aldi in tarbiyah, untuk ikhwan wa akhwat, untuk kader dakwah.
Tags: , , , , , ,
trackback

Assalamu`alaykum Wr. Wb.

Alhamdulillah akhirnya ane bisa posting lagi..

Judul kali ini sangat berkaitan dengan musim pancaroba yang ada di kota tempat ane tinggal sekarang (baca: Bandung) dan kota2 indonesia lainnya. Temen2 pada banyak yang ngeluh, merintih, dan mengaduh tuh,,, duh pilekduh demamduh sakit… semua mengeluh dengan penyakitnya masing-masing.. bahkan ada yang sampai berkata “Aku benci kali dengan musibah sakit ini !!!!!” Apa kata dunia?????

Nah, Sekarang ane coba membuat pernyataan singkat

“Pantaskah seseoarang yang sangat benci dengan sakit yang dideritanya, beranggapan bahwa sakit merupakan suatu hal yang sangat menggangu, sangat menjengkelkan, sangat menyebalkan, sangat menyulitkan, atau bahkan merasa karena sakit ini dia tidak merasa bahgia hidup di dunia ini”.

Sesungguhnya sehat atau sakitnya seseorang tidaklah berpengaruh terhadap kebahagiaan dan kesejahteraan seseorang. Tetapi, pada intinya kondisi Rukhiyah (ruh atau jiwa) seseorang lah yang sangat berpengaruh akan hal tersebut..

Ada suatu perkataan yang sangat indah sekali :

“Janganlah berduka, jangan takut hidup menderita, karena bisa jadi semua derita ini akan menjadi kekuatan dan karunia selama di dunia”

Terkait judul di atas “Indahnya Menikmati Sakit”, maka ane percaya akan ada pertanyaan sebenarnya indahnya dimana??? dimana??? dimana???

1. Menjadi Ahli Syukur

Lihatlah QS Ibrahim:  7

” Dan (ingatlah juga), tatkala rabbmu mema`lumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azabku sangat sedih”

bersyukurBersyukurlah ente yang diberi sakit, karena kebanyakan orang akan merasakan kenikmatan sehat dikala ia terkena suatu penyakit. Dalam Hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim bahwa Rasulullah SAW melakaukan sholat malam hingga kaki beliau bengkak-bengkak. Saat beliau ditanya, “Kenapa engkau melakukan ibadah seperti itu, padahal Allah SWT telah menghampuni dosa-dosamu yang terdahulu dan yang belum engkau lakukan?” Beliau Menjawab, “Apakah aku tidak pantas menjadi hamba yang bersyukur.”

Jika kita bersyukur maka itu adalah salah satu kesempurnaan ibadah dan suci bersihnya hati kita karena jika hati kita dipenuhi dengan rasa syukur maka tidak aka nada rasa penyesalan, kecewa, marah, dan kesal yang tertanam di hati kita. InsyaAllah..

2. Khusyu` Dalam Berdo`a

Ketika ente sakit, maka ente akan pasrah dan menyerahkan diri kepada Allah setulus-tulusnya karena pada saat seseorang itu ditimpa musibah, tua pikun, lemah, dan lainnya maka dia akan menyadari betapa lemahnya Dia dihadapan Allah SWT. Olah sebab itu, Bait-bait Do`a yang ente lantunkan akan semakin menusuk Qalbu, menggetarkan jiwa, merinding, merintihkan air mata, tawdhu sebenar –benarnya , dan itulah beberapa tanda-tanda  kekhusyu`an.

3. Banyak-Banyak Ingat akan Kematian

Rasulullah Bersabda,

“Banyak-banyaklah mengingat sang Penghancur kenikmatan (yaitu maut)), ” (Riwayat At-Tirmidzi II : 5)

Sakit akan sangat erat hubungan dengan kematian. Sebagaimana yang kita lihat bahwa kebanyakan penyebab orang yang meninggal adalah sakit yang dideritanya. Jadi, sebenarnya sakit ini adalah salah satu jembatan menuju malaikat maut yang setiap hari siap melaksanakan tugasnya. Oleh sebab itu, ketika mengingat mati, maka setiap kehidupan yang dilalui akan penuh dengan kehati-hatian dan berharap setiap dikerjakan mendapat keridhoan Allah SWT.

Dalam Hadist yang lain kurang lebih berbunyi “Beribadahlah seolah-olah engkau akan mati besok, dan kejarlah dunia seolah-olah engkau akan hidup selamanya”

4. Silaturahim

Dari Ali radhiyallahu ‘anhu, ia berkata:

“saya mendengar Rasulullah shollallahu ‘alaihi wassallam bersabda: “setiap muslim yang menjenguk sesama muslim pada waktu pagi, maka ia akan dimintakan rahmat oleh 70 ribu malaikat sampai waktu sore. Dan apabila ia menjenguknya pada waktu sore, maka ia akan dimintakan rahmat oleh 70 ribu malaikat sampai waktu pagi, serta ia mendapat jaminan buah-buahan yang siap dimakan di dalam surga.” (HR. Tirmidzi)

Luar biasa, fadhilah orang yang melakukan silaturahim. Pada saat kita sakit, maka akan banyak saudara, teman, sahabat yang akan mengunjungi kita untukmemperhatikan, menghibur bahkan mendo`akan kita. Sifat Alami seseorang adalah sangat suka jika diperhatikan, Ayo Jangan Bohong!!!!!

hehe….

5. Banyak dapat makanan dan duit..

Afwan (maaf), kali ini agak menyeleweng tapi ini kenyataan kan???

uang

Ketika kita sakit, maka akan banyak orang yang membawakan makanan, minuman, bahkan kasih duit.

Ini cerita ane (baca: Aldi Wilman) sekitar 4 tahun yang lalu,

” Ane punya saudara kembar (baca: Aldo Wilman), waktu dia dirawat di rumah sakit SITI KHODIJAH PALEMBANG, dia banyak banget dapat makanan, minuman, dan duit.

Ane bilang ke dia “Do, bagi-bagi gw ntar eh??”

Aldo: ” aiii. dak galak (baca : ga mau, bahasa palembang) gw…, kalu makan dan minuman suka-suka loe lah, tapi kalau duit maaf bae (baca: aja). hahaha….

Waduh, seneng banget dia dapat banyak duit.. tapi lumayan lah ane habisin makanan dan minuman dia.. hahahaha….”

Nah, dari cerita ane di atas enak kan sakit itu dapat duit…

================================================

Nah, dah selesai postingannya. Intinya adalah sakit yang ente derita jangan disesali, marah, mengeluh dan lainnya sebagainya.. Diambil nikmatnya aja, siapa tau dapat banyak duit seperti saudara ane itu… heeeheee..

tapi sejujur lebih enak sehat lah…

SEMOGA ANE DAN ANTUM (baca: kamu semua) DIBERIKAN KESEHATAN OLEH ALLAH SWT. Amin ya robbal `alamin

Aldi Wilman

Sang Pujangga Cinta Sejati

Mahasiswa IT Telkom Bandung

Angkatan 2006

Iklan

Komentar»

1. ramapermana - Januari 18, 2010

ah…mana, udah berapa bulan nih ga posting 😛


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: