jump to navigation

TARGET-TARGET PARA KADER DAKWAH (individu) Agustus 1, 2009

Posted by aldi in untuk ikhwan wa akhwat, untuk kader dakwah.
Tags: , , ,
trackback

Assalamu`alaykum Wr. Wb


Ikhwan wa Akhwat Fillah
Kita sebagai da`i baik untuk diri kita sendiri maupun untuk orang lain seharusnya sudah memiliki target-target untuk apa kita dihidupkan oleh Allah ke muka bumi ini. Apalagi antum yang saat ini telah diberikan kenikmatan berupa diberikanNya space otak untuk memikirkan orang lain berupa adek-adek binaan antum atau antum yang sedang memikirkan alur kaderisasi untuk kader-kader di kampus, lingkungan antum atau antum yang memikirkan saudara-saudara semuslim kita yang sedang ditindas di belahan bumi lain atau yang lainnya yang tidak bisa ane sebutkan karena banyaknya amanah kita sebagai KADER DAKWAH. Bahkan, dalam suatu riwayat gunung-gunung pun tak sanggung untuk mengemban amanah dakwah ini..
Tapi antum luar biasa,, antum bisa menjalankannya dengan berbagai pengorbanan yang antum berikan baik harta, waktu luang, waktu kuliah, bahkan nyawa pun antum siap.. Antum memang KADER DAKWAH luar biasa..
Untuk itu, ane akan coba memberikan, Apa seharusnya yang menjadi target-target antum sebagai KADER DAKWAH..

1. Target pertama adalah sesuai dengan di dalam buku “Risalah At-Ta’lim” atau yang biasa kita sebut dengan 10 Muwashofat Tarbiyah yaitu ;

  • Salimul Aqidah (Aqidah yang bersih)
  • Shahihul Ibadah (Ibadah yang benar)
  • Matinul Khuluq (Akhlak yang kokoh)
  • Qowiyyul Jismi (Kekuatan jasmani)
  • Mutsaqqoful Fikri (Berfikir yang intelek / cerdas)
  • Mujahadatul Linafsihi (Berjuang melawan hawa nafsu)
  • Harishun Ala Waqtihi (Manajemen waktu yang baik / tidak telat kalau dauroh, liqo, tartil materi, syuro, dan lainnya)
  • Munazhzhamun fi Syuunihi (Teratur dalam segala urusan)
  • Qodirun Alal Kasbi (Mandiri dalam segi finansial)
  • Nafi’un Lighoirihi (Bermanfaat bagi orang lain)

Inilah yang mendasari karakter para KADER DAKWAH dan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap akh dan ukh. Walaupun antum belum bisa memenuhi semuanya, tapi harus ada tekad di dalam lubuk hati yang dalam untuk segera memenuhinya. Ane yakin kita pasti bisa…
2. Target kedua yang seharusnya ada di dalam hati antum adalah “MEMBINA kelompok-kelompok liqo`at”. Kenapa membina?? Karena tugas ini bukan tugas sembarangan, ketika antum membina otomatis pula antum membina diri antum, lihat surah As-Saff : 2

“Wahai orang-orang beriman ! mengapa kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan”


Dan ditambah lagi metode dakwah seperti ceramah, ta`lim, atau lainnya belum bisa meredam derasnya aliran hedonism.
Dengan membina, maka antum telah mencetak generasi-generasi dakwah yang bisa digerakkan untuk menuju ladang dakwah. Dengan membina, antum mempercepat cita-cita dakwah kita yaitu kembali menjadikan islam sebagai soko guru peradaban dunia, dan dengan membina Amal jariyah yang akan antum dapatkan sebagai tiket antum untuk masuk ke syurganya Allah dengan syarat ikhlas karena Allah.
3. Target ketiga ini adalah tindakan yang sangat disarankan pada lagu Ar-Royan “Ayo Menikah”. Tepatnya adalah membangun keluarga muslim yang sesuai dengan yang dicontohkan pada keluarga Rasullullah SAW. Dan yang pastinya diridhoi oleh Allah SWT baik proses Ta`arufnya, Khitbahnya, Akadnya, Walimatul ‘Ursynya, dan proses-proses lainnya. Kalau bahasa gaul dikalangan ikhwah tu “syar`i dan jama`i”.
nikah

Keluarga muslim yang berakhlak merupakan pilar-pilar penyokong kelanjutan dakwah dan sebagai takwin untuk generasi-generasi baru dakwah. Keluarga muslim yang berakhlak merupakan qudhwah bagi keluarga-keluarga lainnya. Mereka juga merupakan sebagai jembatan menuju ustadziyul `alam (soko guru peradaban).
Kewajiban seorang kader dakwah adalah menyelamatkan keluarganya dari panasnya api neraka, terlihat dalam surah At-Tahrim : 6
“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. (At-Tahrim : 6) “
Ya akhi wa ukhti fillah, tugas antum luar biasa menjaga antum dan saudara-saudara antum dari api neraka. Jangan sampai “bahan bakarnya adalah manusia” dalam surah di atas adalah saudara kita atau bahkan antum. Na`uzubillah. Tetapi, “saudara” di surat At-Tahrim:6 bukan hanya saudara antum sekandung atau sedarah tetapi semua saudara semuslim di seluruh belahan dunia.

4. Target keempat ini adalah target besar kita semuanya sebagai da`i-da`i Allah yaitu membangun komunitas atau masyarakat muslim yang berakhlak, harmonis, saling berempati, berkeadilan dan kehidupannya sejahtera.
dunia

Dengan melihat kondisi umat muslim saat ini, mereka sangat membutuhkan suatu sosok di tengah masyarakat untuk membimbing mereka, menolong mereka dan mengajak mereka menuju kebenaran , dan itu seharusnya kita ya akhi wa ukhti.. karena saat ini ane melihat mereka kecewa dengan tokoh-tokoh islam yang masih diragukan keislamannya karena masih korupsi, mata jelalatan, masih bergosip ria, dan kekecewaan lainnya.
Dalam buku “Ibid”, Target ini bisa diwujudkan dengan cara melakukan pembinaan terhadap masyarakat dengan cara menyebarkan seruan untuk berbuat kebaikan, memberantas kehinaan, mendukung setiap hal yang positif, melakukan amar ma`ruf nahi mungkar, giat melakukan kebaikan, membangun opini masyarakat untuk mendukung fikrah Islam, dan senantiasa mewarnai setiap kehidupan masyarakat dengan islam.

Tetap semangat akhi wa ukhti.. Allah pasti akan menggantikan perjuangan antum dengan kenikmatan luar biasa di syurganya kelak yang mana di dalamnya tidak bisa digambarkan kenikmatannya, apa yang antum minta maka Allah akan menyediakannya melalui makhluk yang diutusnya untuk menyenangkan antum.

Allahu akbar.. Allahu akbar.. Allahu akbar..

(tulisan ini ane persembahkan untuk diri ane pribadi)

Aldi Wilman
Sang Pujangga Sejati

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: